Four Suggestions Menjaga Kesehatan Psychological Anak Biar Tidak Stres Selama Pandemi Covid

Jadi, sangat wajar apabila orangtua kesulitan menuntun anak belajar selama masa karantina. Jangan sampai orangtua jadi terbebani karena merasa tidak bisa mendidik anaknya dengan baik. Selain mendapatkan kritik dan saran dari pelanggan, penanganan komplain juga bisa menjadi salah satu kepuasan pelanggan. Jika komplain diatasi dengan baik, pelanggan tentunya merasa senang dengan pelayanan dan tidak akan bosan dengan produk Anda. Pilot saat ini sudah mengeluarkan pulpen warna-warni dalam wujud Juice Gel Pen yang berisi setengah lusin dalam satu set. Warna yang dibuat mereka adalah jenis pastel yang tidak terlalu mencolok dan nyaman di mata.

Ada saatnya anak-anak akan merasa khawatir dan cemas terhadap berbagai hal, misalnya tentang sekolah dan tugas-tugas maupun tentang isu-isu kesehatan. Pada situasi ini cobalah untuk tidak menghindari kekhawatiran mereka. “Yang pertama, ibu tidak boleh menyerah atau bosan, kalau ibu dan bapak guru menyerah dan bosan, anak-anak juga menyerah dan bosan,” katanya.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Guru dapat menggunakan aplikasi Google Classroom, Google Hangout, Zoom atau minimal WhatsApp agar bisa beratatap muka dengan peserta didik untuk pengawasan secara online. Selain itu, guru dapat memberikan tugas terukur namun tetap memastikan setiap hari pembelajaran peserta didik terlaksana tahap demi tahap. Masih banyak inovasi lain yang bisa dilakukan oleh guru demi memastikan pembelajaran tetap berjalan dan peserta didik mendapatkan ilmu sesuai kurikulum yang telah disusun oleh pemerintah. Inovasi pembelajaran merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan oleh guru dengan memaksimalkan media daring. Guru dapat melakukan pembelajaran menggunakan metode E-Learning, yaitu pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Mengutip dari laman Kompas.com, setiap anak memiliki kemampuan konsentrasi yang berbeda-beda. Contohnya, anak usia 8-10 tahun memiliki waktu sekitar menit untuk berkonsentrasi. Supaya konsentrasi si kecil terjaga dan mereka tetap semangat, berikan waktu istirahat yang cukup.

Hal ini bisa diajarkan kepada anak-anak PAUD, TK, dan siswa SD kelas rendah. Dengan memperbaiki mindset dan tujuan belajar, anak-anak akan lebih menikmati proses belajar. Selain kelima penyebab di atas, masih banyak kemungkinan aspek lain yang menyebabkan anak-anak menjadi stress saat belajar di rumah.

Psikolog Jovita Maria Ferliana mengatakan salah satu cara yang paling penting adalah dengan membagi waktu anak dalam sehari menjadi empat bagian. Kerjasama yang baik antara guru, siswa, orangtua siswa dan pihak sekolah/madrasah menjadi faktor penentu agar pembelajaran daring lebih efektif. Hal yang paling sederhana dapat dilakukan oleh guru bisa dengan memanfaatkan WhatsApp Group. Aplikasi WhatsApp cocok digunakan bagi pelajar daring pemula, karena pengoperasiannya sangat simpel dan mudah diakses siswa.

Prioritaskan hal ini bisa bermanfaat bagi kesehatan mental anak. Lamanya anak menatap layar bisa membuat mata mereka lelah dan bahkan membuat postur tubuh yang kurang baik. Dengan begini,anak akan makan dengan tertib, tidak bolak-balik cari Bunda, atau buka kulkas. Di rumah saja membuat orang ingin makan setiap waktu, terutama anak-anak.

Jika selama di rumah Bunda memerlukan konsultasi, vaksinasi untuk anak, atau pemeriksaan langsung dari dokter, sebaiknya jangan langsung ke rumah sakit karena akan meningkatkan risiko tertular virus Corona. Mengajak anak menonton film kesukaannya juga bisa menjadi solusi agar anak tidak bosan di rumah. Sembari menemani Si Kecil menonton film, Bunda dapat mengajarinya hal-hal baik yang bisa dipetik dari film tersebut. Jenuhnya berada di rumah bukan tidak mungkin menyebabkan anak rewel atau bahkan menangis dan merengek-rengek minta keluar.

Namun, untuk sementara ini SMM belum memiliki assist scholar heart, sehingga diharapkan orang tua dapat menyediakan pendamping tambahan secara mandiri untuk membantu proses belajar anak di rumah/sekolah. Jakarta, CNBC Indonesia – Merebaknya virus corona Covid-19 membuat metode belajar-mengajar berubah. Sekarang semua sekolah menerapkan belajar on-line atau belajar jarak jauh.