Mendidik Anak Menjadi Penurut, Benarkah Baik?

PIKIRAN RAKYAT – Mengasuh anak bisa menjadi sulit pada saat-saat tertentu, terutama ketika anak menolak untuk mendengarkan Anda. Saat Anda berbicara dengan anak Anda, jangan menyela atau terus-menerus mengkritik. Selain itu, jangan mengancam atau mengucapkan kata-kata yang menyakitkan, karena dapat menyebabkan mereka menderita. Saat anak Anda membicarakan sesuatu yang penting, kesampingkan apa yang Anda lakukan dan perhatikan saja.

Tiba di rumah anak malah menjadi sumber meledaknya emosi orangtua karena mereka tidak mau melakukan atau mendengarkan orangtua. Bukanya orangtua bisa lebih rileks tapi bisa marah-marah karena anak tidak mau mendengarkan orangtua. Saat orangtua menatap mata anak, ia pun akan melihat bahwa orangtua mereka memberi perhatian, bukan amarah atau emosi negatif lainnya.

Beritahukan pada lingkungan tentang kondisi anak, sehingga lingkungan bisa memahami dan membantu memperikan perlakuan yang baik dan merasa lebih nyaman. Kewajiban orang tua yang dimaksud dalam ayat pasal ini berlaku sampai anak itu kawin atau dapat berdiri sendiri, kewajiban mana berlaku terus meskipun perkawinan antara kedua orang tua putus. Menghindari hal-hal tersebut terjadi pada diri anak, orang tua perlu melatih diri untuk mengungkapkan amarah tidak dengan cara membentak.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat pada 2002 melaporkan terdapat 1 dari 68 anak mengalami gangguan spektrum autisme. Studi yang dilakukan oleh Lyall K et al menyatakan, banyaknya anak yang mengalaminya di negara berkembang diperkirakan 1,5 persen dari total populasi. Namun, belum ada information pasti tentang jumlah kasus gangguan spektrum autisme di Indonesia. Terakhir, tak hanya pada anak perempuan, ibu juga bisa menjelaskan topik menstruasi pada anak lelaki.

Untuk itu, pastikan jangan pernah membentak anak di depan umum. Cukup berikan kepadanya penjelasan, atau bisa juga memberinya sepotong permen atau es krim untuk membuatnya tenang lalu jelaskan dengan bijak secara perlahan. Jenazah Adli dan Fajri disebutkan telah diserahkan ke pihak keluarga untuk disemayamkan di rumah duka Jalan Kakaktua, Kecamatan Mariso, Makassar. Derajat keparahan stage 1 membutuhkan dukungan, yaitu mengalami kesulitan dalam memulai komunikasi dan membuka pembicaraan jika tidak mendapatkan bantuan.

Anggap saja saat Anda mengajarkan bahasa Inggris itu Anda sedang mengajarkan pelajaran lainnya. Belajar bahasa Inggris untuk anak hanya ditujukan agar anak siap untuk memahami bahasa lain selain bahasa Indonesia ketika ia mulai menginjak dewasa. Ini menjadi masalah jika anak sekolah di sekolah SD negeri atau sekolah yang tidak bertaraf internasional. Ada beberapa kekhawatiran ketika anak mulai diajarkan bahasa Inggris. Misalnya saja anak justru tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa ibu. Namun, sebenarnya ini bisa diantisipasi yaitu dengan cara mengajarkan bahasa Inggris sekedarnya saja.